Kamis, 03 Mei 2018

Cara Hidup di PPM As-Salam




Di Pondok Pesantren Modern As-Salam ada jadwal kegiatan. Jadwal ini ada beberapa macam, di antarnya:
1.            Jadwal Harian
2.            Jadwal Mingguan
3.            Jadwal Bulanan
4.            Jadwal Tengah Tahunan
5.            Jadwal Tahunan

1. Jadwal Harian
Kegiatan santri dimulai sejak bangun tidur jam 04.00 pagi, persiapan Shalat Subuh dan menghafal al-Qur’an. Kegiatan baru selesai jam 06.00, santri makan pagi dan bersiap-siap untuk masuk kelas.
Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas dimulai jam 07.00 dan berakhir jam 14.00 dengan dua kali istirahat di jam 09.00 dan shalat Zuhur 12.10.
Sesudah shalat Ashar, ada pelajaran sore dan kegiatan ekstrakurikuler sampai jam 17.00. Sesudah itu, santri harus pergi ke masjid untuk murajaah hafalan dan persiapan shalat magrib. Setengah jam menjelang shalat Isya’, ada penyampai mufradat baru.
Sesudah shalat Isya’ dan makan malam, santri sibuk dengan kegiatan kepesantrenan, yakni ngaji kitab kuning. Demikian seterusnya setiap hari.
2. Jadwal Mingguan
Jadwal mingguan ini dilaksanakan seminggu sekali. Misalnya, pada hari Ahad semua santri diwajibkan lari pagi bersama-sama, kemudian ikut pembersihan umum seluruh area pondok pesantren. Kemudian mengurusi keperluan pribadi masing-masing, seperti mencuci pakaian, menjemur kasur dan bantal, dan lain sebagainya.
Setiap Kamis, Jumat, dan Sabtu malam, semua santri ikut aktif dalam kegiatan latihan pidato atau muhadharah.
Kegiatan kepramukaan juga diadakan seminggu sekali setiap Sabtu sore habis shalat Ashar sampai jam 17.00.
3. Jadwal Bulanan - Tahunan
Kegiatan evaluasi organisasi bisa dilakukan seminggu sekali atau sebulan sekali sesuai kebutuhan. Bisa juga mengadakan lomba-lomba memperingati hari libur nasional, baik keagamaan atau kenegaraan.
Setiap setengah tahun sekali diadakan evaluasi belajar atau ujian bagi santri, baik ujian lisan maupun ujian tulis.
Kegiatan pengajian umum memperingati hari besar Islam bisa dilakukan setahun sekali dengan melibatkan masyarakat dan mengundang kyai atau penceramah untuk menyampaikan hikmah dan tausiyah kepada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar