Kamis, 03 Mei 2018

Memaknai Modernitas Pondok Pesantren




Pondok Modern, namun tetap namanya pondok. Sekalipun modern tetap saja namanya pondok atau pesantren. Walau namanya pesantren, tetapi ia modern. Balai Pendidikan Pondok Pesantren Modern adalah pondok atau pesantren tempat mendidik para santri dan mengajarkan mereka ilmu agama dan umum.
Kedatangan anak-anak yang belajar ke pondok pada hakikatnya untuk mondok. Hal ini sering menjadi keraguan masyarakat. Banyak perbedaan antara mondok dan bersekolah. Jiwa yang ditanamkan di pondok adalah jiwa pondok, sedangkan cara belajarnya disesuaikan dengan cara modern, baik didaktik maupun metodiknya. Kemudian, sistem pendidikan dan pengajarannya disesuaikan dengan perkembangan zaman. Hal ini yang kemudian menyebabkan orang menamakan pondok ini dengan nama Pondok Pesantren Modern.
Jelaslah bahwa yang modern itu bukan keyakinan dan pemahaman agamanya. Rukun iman tetap enam, rukun Islam tetap lima, yang modern itu sistem pendidikan dan pengajarannya. Nama Pondok Pesantren Modern bukan dikarenakan bentuk fisik pondoknya. Asrama santri boleh hanya berupa rumah sederhana beratap genteng, berdinding bambu yang dianyam, dan berlantaikan tanah atau batu bata.
Intinya, meninggalkan kesan kepada masyarakat bahwa modern itu terletak pada metode yang dipakai. Metode khas yang membedakan dengan lembaga pendidikan lain yang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar