Kamis, 03 Mei 2018

Peraturan Tercatat di dalam Hati Nurani




Di Pondok Pesantren Modern As-Salam tidak ada undang-undang tertulis yang dapat dilihat dan dibaca oleh penghuni dan pengunjung. Tidakkah Pondok itu mempunyai peraturan tertentu untuk menjaga ketertiban, ketenteraman dan keamanan semua santri yang ada di dalamnya?
Jawabnya, ada. Di mana letaknya? Jawabnya letak peraturan itu ada di dhamir, hati nurani, sanubari, hati kecil, dan perasaan halus.
Ketika hati nuraninya mengatakan tidak baik berdasarkan logika akal sehat, maka perbuatan itu tak sehat. Itulah sunnah pondok. Karena itu, menjauhlah dari perbuatan yang tidak sesuai dengan hati nurani itu.
Hakikatnya hati nurani seseorang itu tak pernah menyesatkan ke jurang kesesatan, hanya kebanyakan manusia yang sering menipu diri sendiri, mengerjakan yang tidak sesuai menurut perasaan hati nuraninya sendiri.
Untuk mematuhi undang-undang yang tidak tertulis atau memutuskan bahwa seorang anak telah melawan hati nuraninya memang bukan pekerjaan yang ringan. Hal ini hanya bisa diselesaikan dengan keteguhan iman dan dilaksanakan dengan keikhlasan, di samping itu harus bisa mengekang keinginan nafsunya.
Pondok pesantren bukan tempat penampungan anak-anak nakal. Pemerintah kita telah lama menyediakan tempat khusus untuk anak-anak nakal, tempat itu akan lebih tepat kalau ditempati anak yang serupa itu.
Pondok pesantren bukan pula Sanatorium untuk menampung penderita gangguan jiwa atau gila. Kota Malang yang lebih tepat untuk dituju karena di sana tersedia alat-alat lengkap dan dokter spesialis yang mampu menangani penyakit gangguan jiwa.
Pengasuh akan selalu menekankan kepada orangtua santri dan walinya yang mengantarkan ke pondok pesantren. Semoga Anda tidak salah alamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar