Kamis, 03 Mei 2018

Panduan Pelaksanaan Kurikulum




1.             Lihat struktur kurikulum masing-masing jenjang pendidikan, kemudian lihat buku apa yang dipakai di setiap mata pelajaran.
2.             Saat ini MA Grafika As-Salam menggunakan Kurikulum Kelas Akselerasi untuk mengejar ketertinggalan pelajaran pesantren (KMI) yang belum sempat dipelajari santri di sekolah atau pesantren sebelumnya.
3.             Ke depan, santri akan dipecah menjadi dua kelas: Kelar Reguler dan Kelas Akselerasi.
4.             Kelas Reguler diperuntukkan bagi alumni SMP Islam As-Salam yang melanjutkan ke MA Grafika As-Salam. Sedangkan Kelas Akselerasi diperuntukkan bagi santri lulusan SMP atau MTs luar yang melanjutkan ke MA Grafika As-Salam. Dengan demikian, lulusan MA Grafika As-Salam memiliki kualitas dan kualifikasi yang setara, baik yang sebelumnya sekolah di SMP Islam As-Salam atau SMP/MTs di luar Pondok Pesantren Modern As-Salam.
5.             Berkaitan dengan penulisan dan desain, khusus bagi santri lulusan SMP Islam As-Salam akan mempelajari desain dengan konsentrasi kompetensi Multimedia karena sudah mempelajari penulisan dan desain dengan konsentrasi kompetensi Persiapan Grafika atau Penerbitan di jenjang SMP. Sedangkan bagi santri yang berasal dari lulusan SMP atau MTs luar akan mempelajari desain dengan konsentrasi kompetensi Persiapan Grafika atau Penerbitan.
6.             Ketika santri sudah mencapai jumlah 250 siswa dan memenuhi syarat-syarat dan ketentuan menjadi Pesantren Muadalah, maka Pondok Pesantren Modern As-Salam akan mengajukan proses akreditasi Pesantren Muadalah agar bisa menyusun kurikulum secara lebih independen yang khas.
7.             Ketika Pondok Pesantren Modern As-Salam sudah menjadi Pesantren Muadalah, maka pilihan jenjang pendidikan di Pondok Pesantren Modern As-Salam ada dua, yakni Kelas Reguler dengan masa belajar selama 6 tahun dan Kelas Intensif dengan masa belajar selama 4 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar